Shiwy Pembelajar

Shiwy Pembelajar

Sabtu, 12 Januari 2013

Asiknya menumbuhkan MINAT Belajar Anak kembali

Assalamu'alaikum wr wb..?

Halo sahabat pembelajar



Tempo hari saya berbagi di salah satu perkumpulan guru guru PAUD & TPA di jabal rahma Tentang pentingnya membangun MINAT Belajar Kepada Anak usia dini, perjalanan kesana cukup menyenangkan.. ;D
Kenapa ..?
Karena bagaikan saya jalan di daerah puncak .. berliku dan naik naik bukit yang cukup terjal.. asiknya saya tidak sendiri.. saya di jemput oleh ke 2 guru yang sangat luar biasa..
mereka para ibu rumah tangga yang mengabdikan dirinya kepada masyarakat.. khususnya "Anak Usia dini spesifik tentang keterampilan membaca menulis berhitung dan berkreasi sekaligus TPA uTaman Pendidikan Al quran untuk menanamkan ilmu agama sebagai pondasi spiritual anak dalam menjalani hidup

Saya bersyukur Allah izinkan gabung di dalam salah satu lembaga pendidikan informal yang bernama biMBA (bimbingan MINAT Baca & Belajar Anak
dimana mengubah banyak pola pikr saya dan sikap plus prilaku saya sehari hari dalam proses mengajar adik maupun murid murid

saya coba bagi dalam 4 Poin

1. Pondasi Semua Anak adalah MINAT Belaar
2. Apa yang menyebapkan MINAT Belajar itu menghilang
3. Bagaimana menumbuhkan kembali MINAT Belajar anak yang hilang
4. Apa MANFAATnya bagi kita menumbuhkan MINAT Belajar



Kita mulai yach dengan membaca..

saya awali dengan bersenam otak sejenak untuk merefreskan agar timbul yang namanya cairan korteks (akan keluar saat suasana hati senang) efecknya akan memudahkan segala macam pelajaran masuk dan lama untuk di fahami

http://www.youtube.com/watch?v=EVQApuyW_ZA

lalu setelah bermain sejenak
saya mulai saling berkenalan

Nama : Shiwy Maulina
Status : saya belum sampaikan saat itu.. he
Fb : Shiwy Maulina
Twitter : @ShiwyM
Asal : Jasmin (Jawa Padang ) wah saya juga lupa sebutkan kala itu
Tlf : untuk saling berkomunikasi tentang dunia anak (021-51269359)
tapi sebelum tlf baiknya sms terlebih dahulu , karena biasanya saya tidak mengakat no yang tidak dikenal.. maaf yach semoga di mengerti dan dimaklumi


sayapun mulai masuk kepoin pertama

1.PONDASI SEMUA ANAK MINAT BELAJAR


Yup.. benar sekali setiap anak atau setiap kita memiliki pondasi MINAT Belajar, tapi apa yang membuatnya luntur bahkan menghilang bak di telan ilalalang yang meninggi kian harinya.. aih puitis bgt kaya lagi jatuh cinta saya menulis bak puisi... eeeiiittt... ayo balik.. balik.. okey
nah kenapa saya bilang semua awalnya punya MINAT BELAJAR
Kita coba balik ke masa kita kecil haha... kalau tidak ingat coba kita lihat sekitar kita
*Anak bayi yang baru belajar jalan dan bicara
analisi para pemerhati anak.. anak dapat berjalan pada umumnya setelah 320 kali terjatuh.. yach.. ada yang lebih cepat atau ada yang lebih lambat

*Nah apa yang membuat ribuan puluhan bakat triliunan anak berhasil dalam proses belajar jalan dan bicaranya..?

1# Tiap kali mereka berhasil melangkah atau merangka, mereka akan selalu mendapatkan respon positif dari orang tua dan sekelilingnya
2# Tiap kali mereka terjatuh atau mengalami kegagalan dalam proses belajar, selalu ada motivasi yang luar biasa dari orang tua dan sekelilingnya
3#dari respon itu membuat stimulus semangat yang luar biasa untuk selalu mencoba lagi dan mencoba lagi karena hatinya bahagia dalam proses belajarnya dengan hal baru yang ia dapat.. yang belum pernah ia kenalp sebelumnya

Kenapa bisa seperti itu..?

Maka saya akan mengambil simulasi ke-2
Kenapa anak anak lebih senang dengan video games dan tahan untuk berjam jam bersamanya

Karena Games itu
1#Bertahap..
level 1 = dimulai dari yang termudah
level 2 = muasih mudah tapi sudah mulai ada tantangan atau kesulitanya sedikit
level 3 = mungkin masih mudah tapi kesulitanya mulai di tambah 2 kali lipat, tapi sekalinya berhasil biasanya reword atau hadiahnya besar yang membuat mengiurkan untuk mendapatkannya kemabali

yach itu dia.. sudah bertahap jadi mudah
lalu..
2# Reword
Setiap kali behasil , maka video games telah di sseting untuk selalu memberi reword apresiasi yang agak lebay haha.. "Kamu Berhasil Binggo" dan lain sebagainya dengan ekspresi yang luar biasa.. nah keluarlah lagi yang namanya cairan korteks yang akan memudahkan proses belajar apapun mudah untuk di tangkap dan di pahami dalam waktu yang cukup lama

Ternyata kita sudah mendapat jawabanya dari simulasi yang ada di sekitar kita

"Pondasi semua anak MINAT Belajar, karena prosesnya anak selalu mendapat
1.Menyenagkan
2.Bertahap
3. Fokus pada kebaikan,kelebihan & kemenangan "Reword" (Motivasi)


2.KENAPA MINAT BELAJAR ITU HILANG



Sya bawakan sebut true story yang ada di negara tetangga yaitu "jepang" wah ngomong ngomomg jepang saya mau berbagi kebahagiaan nich Alhamdulillah asisten saya di kantorpun baru saja pulang dari jepang setelah bekerja selama 3 thyn disana dan sekarang sedang mengambil kuliah jurusan sastra jepang, semoga saya dan dia bisa bersinergi dan makin banyak kesemptanan untuk berbagi manfaat untuk sahabat pembelajar yach,, Amin, mohon doanya juga

balik lagi ke kisah nyata dari jepang

Seorang anak yang jenius.. karena tuntutan dari orang tua maka orang tua terlalu fokus pada kelemahanya .. terus mnerus saja menigingatkan dan menyebutkan kekuranganya
hingga anak lupa ia punya kelebihan
hingga suatu ketika... ia masuk ke sekolah luar biasa atau biasa disebut "SLB"
Nah..
..............................di hari pertamanya......................
ia memberantakkan kursi dan meja di dalam kelas, lalu gurunyapun bangkit dan merangkul anak yang lain untuk bangun dan bergegas keluar, sebelum keuar gurupun memberikan kata kata positif kepada anak "sung zhu" namanya

"guru" : anak anak hati sung zhu saat ini sedang tidak tenang.. tapi ibu yakin karena sung zhu "ANAK BAIK" Setelah tenang maka ia akan merapihkan lagi barang baang yang ada di kelas ini kembali seperti semula.. mari anak anak kita keluar terlebih dahulu sampai hatui sung zhu kembali tenang,
Amazing
"sung zhu pun merapihkan ruangan seprti semula"

...............................di hari ke-2............................
Sung zhu tidak terlihat di dalam kelas, ternyata ia sedang "mengamuk dan memberantakan mainan yang ada di lapangan sambil teria teriak
"guru" pun mengajak anak anak yang di dalam kelas untuk keluar dan melihat sung zhu sambil berkata
"Anak anak sung zhu "Anak Baik" hatinya sedang tidak tenang tapi ia tidak mengagu kegiatan kita belajar di dalam kelas , Terimakasih tsung zhu" ibu yakin setelah hatinya tenang ia akan kembali ke dalam kelas dan meapikan kembali mainana seperti semula
Amazing
"sung zhu" pun kembali merapihkan mainana kembali dan ia masuk ke dalam kelas dalam keadaan tenag

..............................di hari ke-3..............................
Sung zhu mengoncang goncang kursi dan meja yang ia duduki,
seketika gurunya yang begitu empati mendekatinya dan berkata sambil di iringi tepuk tangan
"guru" anak anak lihat sung zhu ANAK BAIK hatinya sedang tidak tenang ,tapi ia tidak menggangu kita ibu yakin setelah hatinya tenang ia akan kembali menaruh kursi dan meja di posisi semula,,, dan ternyata benar apa yang dikatakan buguru ia lakukan kembali

dan hari demi hari berlalu.. bulan demi bulan berlalu

SUNG ZHU kembali menjadi ANAK BAIK yang berprestasi..
KENAPA..?
Karena sang guruselalu mengingat dan menyebutkan kebaikanya terus menerus hingga sung zhu lupa ia punya keburukan

Nice.. Indah Bukan..

Nah dari simulasi diatas tadi bisa kita ambil perbedaanya atau kebalikan yang dilakukan hingga anak anak tidak lagi atau hilang MINAT Belajarnya

1.Proses yang tidak menyenangkan
2.Tidak bertahap
3.Hukuman (Selalu fokus pada kelemahan,kekurangan dan kesalaha


3.BAGAIMANA MENUMBUHKAN KEMBALI MINAT BELAJAR ANAK




Kali ini saya akan mensimulasikan dengan kisah "RAPORT"

Jika anak di raportnya
MTK 5
Olah raga 8

maka pada umunya orang tua akan fokus meningkatkan pelajaran MTK dengan di awali kemarahan terlebih dahulu dan pengajaran yang tidak bertahapa
hingga melupakan kelebihan anak di pelajaran olah raga

coba kita bayangkan
saat orang tua atau kita fokus pada kelemahan atau kekurangan
contoh di atas mtk
maka maksimal nilai
5 akan berubah menjadi 6 atau 7 ( ini masuk kedalam nilai rata-rata)
TAPI
Jika fokus pada kekuatan
contoh di atas olah raga
maka nilai 7 akan berubah menjadi 8 atau 9 bahkan bisa 10 ..(ini masuk kedalam nilai spesial)
kenapa bisa sampai nilai 10..? karena ini adalah pelajaran yang anak suka .. belajarnyapun kalau sudah suka dan mampu maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa


jadi untuk menumbuhkan kembali MINAT Belajarnya.. dimulai dari apa yang dia suka
1.Kesukaanya.. kemauanya.. akan menjadi KEMAMPUA yang akan menjadikan dirinya bermanfaat untuk banyak orang dan itu adalah sumber KEBAHAGIAAN ,
kenapa?
karena pondsi setiap manusia adalah senang jika melihat orang lain senang karena dirinya

Dan tentunya dengan proses yang
1# Fun Learning (Proses Belajar yang 100% menyenangkan)
2# Small Step Sistem (Bertahap dari yang termudah yaitu dimulai dari yang anak suka)
3# Individual Sistem (Setiap anak itu unik maka pahami karakternya)


4. MANFAAT MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK
ini dia manfaatnya




kita bahas dari 3 pilar di atas ya
1# Fun Learning (Proses Belajar yang 100% menyenangkan)
2# Small Step Sistem (Bertahap dari yang termudah yaitu dimulai dari yang anak suka)
3# Individual Sistem (Setiap anak itu unik maka pahami karakternya)

1.Fun Learning (Proses Belajar yang 100% menyenangkan)
menyenangkan bagi anak beda beda, teringat sebuah lagu
Pelangi.. pelangi..
alangkah indah mu..
merah.. kuning.. hijau..
dilangit yang biru..
pelukismu Agung siapa gerangan
pelangi.. pelangi.. ciptaan TUHAN

yach.. anak bagaikan pelangi.. kaakter merea berbeda beda.. begitu juga hal yang menyenangkan mereka berbeda beda.. dan itu yang membuat guru makin cerdas
cerdas di intelektualnya (IQ)
makin cerdas emosinya (EQ)
makin cerdas Spiritualnya (SQ)

KENAPA..?
yach karena berbeda itu guru akan teerus belajar.. bagaimana membuat senang anaka yang introfet,ekstrofet, ada anak yang senang kalau di ajak ngobrol dulu, ada yang suka nyanyi dulu ada yang suka di ceritaan dulu
INTINYA selalu di mulai dengan hal hal yang ia "SUKA" bukan yang guru suka

nah dari itu ternyata ada
3 TIPE BELAJAR


AUDITORI (Tipe Belajar yang mudah menangkap pelajaran dengan cara mendengar)
anak tipe belajar ini biasa di bilang anak pintar karena sistem pengajaran di indonesia atau pada umumnya adalah satu arah menyampaikan lewat lisan dan anak anak fokus mendengarkan

anak anak ini tidak suka mencatata.. seolah ia tidak belajar tapi pada dasarnya mereka faham apa yang di sampaikan guru
dan kalau belajar biasanya suaranya keras.. hahah jadi dia yang belajar samping sampingnya ikut pintar.. karena dengar apa yang ia bacakan hehe

terus lebih senang jika ada alunan musik di sampingnya
memberi reword lewat kata kata positif ia sudah senang dan termotivasi

ciri ciri = jika di ajak bicara matnya sering mengarah ke kanan dan kiri


VISUAL (Tipe Belajar yang mudah menangkap peajaran dengan bantuan gambar)

Kalau tipe belajar visual mudah menagkap pelajaran dengan bantuan media gambar, seperti buku cerita, ekspresi wajah, ekspresi gestur atau gerakan

untuk memberi reword bisa dengan hadiah benda atau ekspresi wajah yang menghargai dengan senyum penghargaan yang iklas, atau mengencungkan jempol ke arah wajahnya dengan tujuan agar dapat terlihat karena ia tipe visual melihat

ciri ciri = jika bicara mata sering ke atas


KINESTETIK

Tipe Belajar ini anak munah belajar dengan bantuan media alat peraga
karena anak inin senang sekali berpetualang atau menyentuh
seperti contohnya "meneliti rumah semut, bermain lego

nah dalam mengarahkan atau memeberi reoward bisa di barengi dengan sentuhan

ciri ciri = jika bicara matanya sering ke bawah

jika belajar ia tidak bisa diam, selalu ada saja anggota tubuh yang di gerakan jika dipaksa diam maka dia akan mengalami kesulitan dalam berfikir karena hatinya tidak nyaman


....................................................................................

dengan menumbuhkan MINAT Belajar anak
maka kita akan senitiasa
"tersenyum"
karena kita terus berusaha membuat hatinya senang
sekaligus membuat kita tambah
"bijak dan pintar"
karena berusaha mengenal anak dengan ke unikan dan menghargai berbagai macam perbedaan karakternya
sekaligus berdampak menjadi
"guru yang menyenangkan"
"bak psikolog"
walau belum pernah ambil kuliah jurusan psikolog
bahkan dari berusaha belajar memulai dengan mengenal karakter anak
akan berdampak selalu memahami patner bicaranya dimanapun hingga menjadi
"pribadi yang menyenangkan"
"awet muda & disayang suami dech"
haha ini bagi yang sudah menikah yach.. jadi hemat jugakan gak peru pakai anti eging he

nah sayapun menampilkan sebuah video
bahwa guru adalah seorang coach

intinya

ternyata ada lagi sifat dasar manusia menurut para ilmuan
1# Koleris (Pemimpin)
2# Sangwinis (Populer)
3# Melankolis (Rapih dan Perasa)
4# Plagmatis (Damai)
selengapnya bisa cari di om google dengan key ward "personality plus


Alhamdulillah..

Trimakasih sahabat menyempatkan waktunya membaca tulisan yang sederhana ini semoga bermanfaat
kritik dan saran membagunya saya tunggu yach

dan sekali lagi terimakasih sudah berkenan mengundang saya ke sekolah para sahabat untuk saling berbagi dan saling belajar




Salam Yes Untuk Sahabat Wow


Wa'alaikumsalam wr wb